Acrylic Air Screen (Penghalang Ac)

Bahaya Angin Dingin

Pernah saat bangun pagi, bahu saya terasa sakit dan susah digerakkan.  Mau gosok gigi dan menyisir pun sulit.  Sakit ini terasa sampai beberapa hari walaupun saya sempat pijit saat itu.  Untunglah, lama-lama hilang sendiri.  Saya tidak memeriksakan ini ke dokter, karena saya pikir diagnosa akan sulit karena ini bukan penyakit.

Belakangan ini, setelah membaca artikel di internet, saya simpulkan bahwa saya terkena Frozen Shoulder (bahu beku).  Ternyata, suhu AC yang terlalu dingin dan semburan udara yang langsung mengenai wajah, kepala, dan leher dalam waktu yang lama (misalnya di kantor atau saat tidur malam), dapat menyebabkan gangguan saraf.

Berikut adalah beberapa gangguan yang dihubungkan dengan semburan AC yang mengenai bagian tubuh kita:

  1. Frozen Shoulder (bahu beku): dimana biasanya terjadi di pagi hari saat bangun tidur, lengan terasa sakit dan mungin tidak bisa digerakkan.
  2. Tortikolis (seperti salah bantal): ini pun biasanya dirasakan saat bangun pagi.  Kita kesulitan untuk menengok ke satu sisi.
  3. Carpal Tunnel Syndrome: dimana jari tangan terasa kesemutan dan nyeri terutama pada 3 jari pertama (ibu jari, telunjuk dan jari tengah)
  4. Masuk angin, sakit kepala, flu
  5. Bell’s Palsy: sebelah wajah terjadi kelumpuhan, seringkali dianggap stroke wajah.

Gangguan 1-3, seringkali dianggap enteng, biasanya orang tua bilang, “Paling salah posisi, atau salah pakai bantal saat kita tidur.”  Tetapi jika terjadi terus menerus, sebaiknya waspada, karena mungkin ada penyebab lain, yaitu akibat semburan AC.

Yang tidak bisa disepelekan, adalah Bell’s Palsy.  Walaupun namanya keren, diambil dari nama dokter abad-19, Sir Charles Bell, yang pertama kali menggambarkan kondisi ini sebagai kelainan pada saraf wajah, gangguan ini bisa menakutkan.  Gejalanya seperti stroke, namun biasany terjadi dalam keadaan sadar dan hanya menyerang sebagian wajah sementara bagian tubuh yang lain normal.  Berikut adalah gejalanya:

  • Sebelah wajah kanan/kiri tiba-tiba menjadi kaku, biasanya sewaktu bangun pagi
  • Sebelah mulut yang terserang, tidak bisa digerakkan
  • Sebelah mata yang terserang, tidak bisa ditutup/dikedipkan, dan menjadi kering
  • Kesulitan meniup dan minum / berkumur
  • Karena sebelah wajah sukar digerakkan, makan pun menjadi sulit
  • Mulut miring sebelah dan tidak simetris
  • Alis di sisi wajah yang terserang tidak dapat dinaikkan atau dikernyitkan
  • Rasa sakit pada telinga terutama di bawah telinga
  • Tidak tahan suara keras pada sisi yang terkena

Sebenarnya masih belum diketahui dengan pasti penyebabnya.  Tapi pada umumnya, Bell’s Palsy bisa disebabkan karena infeksi virus herpes simpleks dan sebagian besar orang bilang bahwa Bell’s Palsy disebabkan oleh angin dingin seperti dari AC, kipas angin, pengendara motor tanpa helm, dimana angin tersebut memapar secara terus menerus ke tubuh kita.

Karena itu, sebagai upaya pencegahan, hindarilah terkena angin dingin secara langsung, misalnya: untuk pengendara motor pakailah helm tertutup, dan untuk pengguna AC, jangan sampai AC terhembus langsung ke badan kita.  Lebih baik mencegah dari pada mengobati.

- Dari berbagai sumber -

 

Berikut adalah penghalang AC yang bisa menahan paparan angin dingin AC agar tidak terkena langsung ke badan kita.

Pemasangan dengan sistem kalung, tanpa bor, sehingga tidak merusak tembok.

Bahan: Acrylic
Ukuran: 810 x 400 mm (cukup untuk AC ukuran 1/2 - 1 PK)
Tebal : 2 mm

foto-acrilicairscreen

Be Sociable, Share!

- Privacy Policy